Cuma Suka Komen dan Nyebarin Hoax? Ini 6 Tipe Netizen di Internet


Internet adalah suatu  teknologi yang sanggup menghubungkan banyak orang di dunia tanpa terbatas pada waktu serta di mana orang tersebut berada. Sejak kemunculannya, internet sudah memberbagi tak sedikit akibat, baik itu akibat kurang baik maupun akibat positif.

Seiring dengn banyak pemakai internet, berbagai tahun akhir-akhir ini kita mulai mengetahui istilah 'Netizen', yang adalah sebutan untuk mereka-mereka yang memakai internet alias versi singkatnya penduduk di dunia internet. Nah, nyatanya nih, netizen juga terdiri dari berbagai tipe di mana masing-masing tipe mempunyai karakteristik tersendiri. Apa saja jenis-jenis netizen tersebut? Berikut penjelasannya.


1. Creator

Creator adalah tipe netizen yang aktif di internet serta dikenal karena sering membuat beberapa karya baik itu berupa video cover di YouTube, tutorial, membikin artikel berupa artikel alias kabar, serta sepertinya. Tipe yang satu ini lebih tak sedikit berkontribusi dibandingkan tipe yang lainnya serta tak sedikit netizen yang tergolong ke dalam tipe ini cenderung memakai internet sebagai sarana memperoleh keuntungan finansial.

2. Kritikus atau Komentator

Kritikus adalah tipe netizen yang aktif berkomentar (baik dan kurang baik) di beberapa forum sosial. Tidak hanya itu, mereka yang tergolong dalam tipe ini sering berkomentar pada status atau artikel milik orang lain dan ada juga yang memberikan review terhadap suatu produk dan semacamnya.

3. Kolektor

Kolektor adalah tipe netizen yang sering memakai RSS feed, melakukan bookmark pada halaman website yang ia kunjungi supaya nantinya dapat dibaca kembali. Tidak hanya itu, mereka yang tergolong dalam tipe ini juga sering melakukan tag pada kawannya di beberapa media sosial online.

4. Joiner

Mereka yang tergolong dalam tipe Joiner ini cenderung lebih aktif mengunjungi media sosial dibanding website lainnya. Ketika mengunjungi media sosial, mereka cenderung hanya mengutak-atik profil akun media sosial mereka sesuai yang diharapkan.

5. Spectator atau Penonton

Jenis Spectator adalah tipe netizen yang aktif membaca beberapa posting di berbagai situs, melihat video di YouTube, membaca berbagai komentar di forum dan sebagainya. Tipe ini bertindak sebagai konsumen untuk para Creator. Mereka yang tergolong tipe ini juga sesekali membuka media sosial tetapi jarang berkomentar alias membikin posting.

6. Pasif

Netizen tipe ini adalah yang jarang sekali mengakses website apa pun termasuk media sosial. Sekali pun mengujungi sebuah situs atau media sosial, mereka yang termasuk dalam tipe kebanyakan tidak melakukan apa pun dan hanya bengong di depan komputer mereka.

Itulah tadi 6 tipe netizen di internet, semoga berguna dan termasuk  tipe yang manakah kalian? Sekedar tambahan, seseorang dapat saja termasuk ke dalam beberapa tipe netizen sekaligus tergantung pada kebiasaan mereka.

Akhir kata, sampai  jumpa dan silakan meninggalkan jejak di kolom komentar dan bagikan postingan ini ke kawan-kawan kalian.

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abida Massi

0 Response to "Cuma Suka Komen dan Nyebarin Hoax? Ini 6 Tipe Netizen di Internet"

Posting Komentar